Proses yang terjadi saat router booting

Proses yang terjadi saat router booting. Apa saja yang terjadi pada router saat dinyalakan? Berikut merupakan proses-proses yang ada saat kita tekan tombol power pada router.

Test perangkat keras pada router. Dalam hal ini, router akan melakukan POST(Power On Self Test) : adalah sebuah proses yang umum yang terjadi pada hampir setiap komputer saat bootup. Proses POST digunakan untuk menguji perangkat keras router. Ketika router dinyalakan, perangkat lunak pada chip ROM yang melakukan POST. Selama self-test, router menjalankan diagnosa dari ROM pada komponen beberapa hardware termasuk CPU, RAM, dan NVRAM. Setelah POST selesai, router mengeksekusi program bootstrap.Memanggil program bootstrap.

Setelah POST, bootstrap program disalin dari ROM ke RAM. Setelah di RAM, CPU mengeksekusi instruksi dalam program bootstrap. Tugas utama dari program bootstrap adalah untuk menemukan IOS Cisco dan beban ke dalam RAM.Locating and Loading Cisco IOS. Menemukan perangkat lunak Cisco IOS. IOS biasanya disimpan dalam memori flash, tetapi juga dapat disimpan di tempat lain seperti server (Trivial File Transfer Protocol) TFTP.

Jika IOS image penuh tidak dapat ditemukan, versi skala-down dari IOS disalin dari ROM ke RAM.Versi IOS yang digunakan untuk membantu mendiagnosa masalah dan dapat digunakan untuk memuat versi lengkap dari IOS ke RAM.

Loading IOS. Beberapa router Cisco yang lebih tua berlari IOS langsung dari flash, tetapi model-model terbaru salinan IOS ke RAM untuk eksekusi oleh CPU. baca juga smadav 2017 Free

Catatan: Setelah IOS mulai beban, Anda mungkin melihat tanda-tanda string pound (#), seperti yang ditunjukkan pada gambar, sementara gambar melakukan dekompresi.Locating and Loading the Configuration File. Menemukan File Konfigurasi Startup. Setelah IOS dimuat, pencarian Program bootstrap untuk file konfigurasi startup, yang dikenal sebagai startup-config, di NVRAM. File ini memiliki perintah konfigurasi yang telah disimpan sebelumnya dan parameter termasuk:

  • informasi routing
  • password
  • konfigurasi  lain yang disimpan oleh administrator jaringan
  • Jika file konfigurasi startup, startup-config, terletak di NVRAM, yang disalin ke RAM sebagai file konfigurasi berjalan, running-config.

Demikian kira-kira proses yang terjadi saat router cisco booting, sumber : smadav 2017 download

Leave a Reply