Pengertian Pergaulan Bebas Beserta Contoh dan Dampaknya

Pergaulan Bebas

Pergaulan Bebas

Anda mungkin sudah sering mendengar istilah pergaulan bebas, baik itu di radio, di TV, atau pun melalui teman sekolah. Tetapi apakah Anda tau pasti apa arti dari pergaulan bebas?

Secara harfiah, pergaulan adalah sebuah proses berinteraksi antar individu atau individu dengan kelompok. Sedangkan bebas adalah terlepas dari aturan, tuntutan, kewajiban, norma kesusilaan, dan norma agama.

Menurut https://www.sayanda.com/pergaulan-bebas/, pengertian pergaulan bebas adalah suatu bentuk perilaku menyimpang yang tidak sesuai dengan norma agama atau norma kesusilaan di Indonesia. Pergaulan bebas tidak terikat dengan tuntutan, syarat, kewajiban, aturan, dan rasa malu.

Walaupun sudah dianggap sebagai hal yang normal di negeri barat,tetapi di Indonesia, kata pergaulan bebas memiliki konotasi negatif. Hal tersebut dikarenakan kepercayaan akan pergaulan bebas sangat berbeda dengan ajaran-ajaran yang berlaku di Indonesia.

Dari tahun ke tahun, jumlah remaja yang terjerumus ke pergaulan bebas terus meningkat. Hal ini dikarenakan semakin banyak budaya barat yang masuk ke Indonesia, serta rendahnya ajaran sekolah akan pengetahuan seks.

Contoh Pergaulan Bebas

  1. Seks Bebas

Seks bebas adalah salah satu contoh pergaulan bebas yang sangat menjamur di Indonesia. Banyak sekali kasus anak muda yang terjerumus ke seks bebas.

Fenomena seks bebas terjadi di Indonesia karena kurangnya ajaran orang tua dan sekolah akan pengetahuan seks.

Selain itu kurangnya pantauan orang tua juga menjadi penyebab utama maraknya remaja berperilaku seperti itu.

Di Indonesia, dari tahun ke tahun, semakin banyak kasus aborsi yang terjadi. Kasus aborsi sangatlah berbahaya, karena selain membunuh janin, aborsi juga bisa membahayakan nyawa sang ibu.

  1. Narkoba

Dikutip dari https://www.sayanda.com, narkoba adalah kasus yang terjadi di seluruh pelosok di Indonesia. Kasus ini tidak ada matinya.

Setiap harinya, ada begitu banyak pemakai maupun bandar narkoba yang ditangkap oleh petugas kepolisian setempat. Tetapi, jumlah pemakai narkoba tidak kunjung menurun.

Hal tersebut terjadi karena masih banyak kasus korupsi yang terjadi di Indonesia. Para bandar bebas beroperasi selama memberikan “jatah”.

  1. Kehidupan Malam

Contoh pergaulan bebas yang ketiga adalah kehidupan malam.

Seperti yang semua orang tahu, kehidupan malam adalah pintu dosa. Pada kehidupan malam, orang-orang mengenal dengan minuman keras, narkoba, dan seks bebas.

Masyarakat Indonesia mulai berpendapat bahwa kehidupan malam bukanlah pergaulan bebas, tetapi tidak sedikit juga orang yang tidak sependapat.

Dampak Negatif Pergaulan Bebas

  1. Hamil di Luar Nikah

Salah satu dampak negatif pergaulan bebas yang utama adalah hamil di luar nikah. Hamil di luar nikah dapat memicu aborsi.

Kasus aborsi di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun.

Aborsi sangatlah berbahaya karena selain haram hukumnya, dapat membahayakan nyawa sang ibu.

  1. Penyakit

Seperti yang Anda ketahui, perilaku seks bebas dapat menjangkit berbagai macam penyakit. Penyakit-penyakit seperti HIV Aids, herpes, raja singa, dan sebagainya, dapat menyerang remaja-remaja yang suka akan pergaulan bebas.

Penyakit-penyakit tersebut sangatlah berbahaya dan beberapa di antaranya belum ada penyembuhnya.

Leave a Reply